Saiful Amim. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Kerja Contactor, Relay & Timer.



Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai Time Delay Relay (Timer), Thermal Over Load Relay (Tripper Over Load), Relay Contactor (Relay), dan Magnetic Contactor (Kontaktor), Sebaiknya kita mempelajari sistem kerjanya terlebih dahulu. agar mampu memahami suatu fungsi rangkaian kerja otomatis.



Relay dan Kontaktor (Relay and Magnetic Contactor)

Prinsipnya kerjanya adalah rangkaian pembuat magnet untuk menggerakkan penutup dan pembuka saklar internal didalamnya. Yang membedakannya dari kedua peralatan tersebut adalah kekuatan saklar internalnya dalam menghubungkan besaran arus listrik yang melaluinya.

Pemahaman sederhananya adalah bila kita memberikan arus listrik pada coil relay atau kontaktor, maka saklar internalnya juga akan terhubung. Selain itu juga ada saklar internalnya yang terputus. Hal tersebut sama persis pada kerja tombol push button, hanya berbeda pada kekuatan untuk menekan tombolnya. Klik disini untuk mempelajari Tombol

Saklar internal inilah yang disebut sebagai kontak NO (Normally OpenBila coil contactor atau relay dalam keadaan tak terhubung arus listrik, kontak internalnya dalam kondisi terbuka atau tak terhubung) dan kontak NC (Normally CloseSebaliknya dengan Normally Open). Seperti dijelaskan pada gambar dibawah ini.


Relay dianalogikan sebagai pemutus dan penghubung seperti halnya fungsi pada tombol (Push Button) dan saklar (Switch)., yang hanya bekerja pada arus kecil 1A s/d 5A. Sedangkan Kontaktor dapat di analogikan juga sebagai sebagai Breaker untuk sirkuit pemutus dan penghubung tenaga listrik pada beban. Karena pada Kontaktor, selain terdapat kontak NO dan NC juga terdapat 3 buah kontak NO utama yang dapat menghubungkan arus listrik sesuai ukuran yang telah ditetapkan pada kontaktor tersebut. Misalnya 10A, 15A, 20A, 30A, 50Amper dan seterusnya. Seperti pada gambar dibawah ini.


gambar kontak internal pada Kontaktor

gambar kontak internal pada relay


Penyambungan sederhana rangkaian kontaktor:


Perhatikan bagaimana lampu akan menyala ketika switch saklar dihubungkan ke sumber listrik.

Itulah yang disebut Rangkain Pengendali dan Rangkain Utama.

Time Delay Relay (Timer) dan Thermal Over Load Relay (Tripper)
Sebagaimana yang telah diterangkan diatas, maka pada kedua komponen ini Timer dan Tripper juga mempunyai kontak NO dan NC. Dan yang membedakannya hanya pada kondisi pengaktifannya saja.

Kontak NO dan NC pada Timer (Time Delay Relay) akan bekerja ketika timer diberi ketetapan waktunya, ketetapan waktu ini dapat kita tentukan pada potensiometer yang terdapat pada timer itu sendiri. Misalnya ketika kita telah menetapkan 10 detik, maka kontak NO dan NC akan bekerja 10 detik setelah kita menghubungkan timer dengan sumber arus listrik. Perhatikan gambar Timer di bawah ini.
Sedikit berbeda dengan kontak NO dan NC yang terdapat di Timer, padaTripper (Thermal Over Load Relay) kontak NO dan NC nya bekerja karena mendapat daya tekan dari bimetal trip yang terdapat di dalamnya. Bimetal Trip ini akan melengkung apabila resistance wire dilewati arus lebih besar dari nominalnya dan menekan lengan kontak, sehingga kontak NC berubah menjadi kontak NO.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori cara kerja kontactor / cara kerja relay / cara kerja timer / kontactor / NC / NO / relay / timer dengan judul Cara Kerja Contactor, Relay & Timer. . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://agenacemaxsjateng.blogspot.com/2014/03/cara-kerja-contactor-relay-timer.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 27 Maret 2014

9 komentar untuk "Cara Kerja Contactor, Relay & Timer. "

  1. Apakah jika waktu yg telah di tentukan pada timet habs maka apa no dan nc tidak berfungsi kembali?

    BalasHapus
  2. Saya pernah lihat di youtube tentang Motor listrik untuk menggerakan generator AC melalui pully.
    Pada awalnya motor listrik digerakan dari sumber energi listrik PLN
    Setelah putaran generator menghasilkan teg listrik, listrik tersebut untuk menyuplai motor listrik. Dan sumber energi listrik PLN dicabut
    Sehingga hasil gerak motor listrik menggerakkan generator. Hasil listrik dari generator untuk menyuplai motor listrik.
    Terlihat sebelahnya terdapat rangkaian contactor magnet.
    Kontactor magnet jenis apa yang digunakan?
    Bagaimana gambar rangkaian contactor magnet tersebut?
    Mohon bantuanya.

    BalasHapus
  3. Penjelasan yang sangat informatif, Dan untuk hati-hati dalam membeli relay omron, karena banyak beredar relay omron palsu. Mau tau beda yang asli dan palsu? Kunjungi website kami di http://elmecon-mk.com/article/produk-relay-omron-palsu/.

    Best Regards,
    Elmecon-mk Authorized Omron Distributor

    BalasHapus
  4. Mau relay original by omron? yuk cek di website kami...
    http://elmecon-mk.com/
    Phone/WA : 08111227835

    BalasHapus
  5. Happy Friday para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan info menarik untuk kalian semua para pemain sabun ayam online yang mungkin sedang mencari agen sabung ayam yang memberikan PROMO 8X WIN BERUNTUN, jadi kami sarankan kalian bisa bermain di agen AGENS128, karena kami memberikan promo ini secara cuma cuma kalian hanya bisa bermain saja dan menangkan sebanyak 8X beruntun, kalian bisa langsung klaim dan bonus Rp 1.280.000 akan kami masukan ke dalam id kalian semua, Informasi selanjutnya hubungi kami sekarang juga .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    BalasHapus
  6. Terimakasih penjelasan sangat bermanfaat menurut master lebih bandel manakah timer manual di banding sama digital mohon masukananya082221855555

    BalasHapus

Postingan Populer